Penelitian Terbaru Mengejutkan bagi Remaja Kaum Rebahan

Why Does My Teenager Still Wet the Bed? 
Tidur merupakan aktifitas harian yang perlu dilakukan untuk membantu memulihkan tenaga setelah lelah dengan kegiatan sehari-hari. Waktu tidur yang diperlukan untuk memulihkan tenaga dan membuat tubuh merasa lebih nyaman berbeda-beda tiap orang, tergantung usia.

Bayi membutuhkan waktu tidur  lebih lama, sedangkan pada orang dewasa lebih sedikit. Bagaimana kah waktu tidur untuk remaja? Waktu yang ideal untuk tidur yang cukup bagi remaja adalah 8 hingga 10 jam perhari.
 
Remaja yang tidur lebih banyak di malam hari lebih baik dalam mengatasi perubahan dan stres, demikian temuan sebuah penelitian terbaru. Remaja ditanyai tentang kebiasaan tidur mereka dan berapa lamawaktu yang dibutuhkan untuk mengantarkan tidur di malam hari sambil juga menjawab pertanyaan tentang ketahanan mereka. Studi tersebut mengungkap remaja yang memiliki pola tidur yang baik menandakan mereka juga ulet.
 
Selama 24 bulan, data dikumpulkan dari 840 siswa melalui kuesioner. Peneliti Cina yang melakukan penelitian ini menemukan skor ketahanan yang lebih tinggi di antara remaja yang berulang kali tidur nyenyak. Mampu tertidur dengan cepat dan tidak menghabiskan waktu yang lama untuk membolak-balikkan di tempat tidur juga merupakan pertanda baik untuk tingkat ketahanan yang tinggi. Sementara itu, tidur yang terganggu dan ketergantungan pada tidur siang yang tidak berkualitas  dikaitkan dengan berkurangnya ketahanan.
 
Ketangguhan diukur pada remaja karena merupakan sifat yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah dengan cepat dan mengatasi tingkat stres yang tinggi. Hal ini sering dinilai dalam studi tidur dan penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa tidur berkualitas tinggi dapat meningkatkan ketahanan seseorang.
 
Penelitian ini ditulis dalam jurnal Sleep Medicine, para penulis mengatakan: 'Temuan ini menyoroti pentingnya intervensi sekolah masa depan untuk tidur untuk meningkatkan ketahanan siswa'. Beberapa uji coba telah dicoba, dari memulai kelas lebih lambat dari waktu mulai biasanya.

Sebuah studi menemukan bahwa waktu sekolah meningkatkan kewaspadaan dan nilai. Anak-anak di Seattle yang mulai sekolah pada sore hari mendapatkan lebih banyak tidur dan nilai yang lebih baik, kata sebuah studi baru. Pada tahun 2017, Distrik Seattle School menunda waktu mulai sekolah menengah atas dan menengah hingga 55 menit, dari jam 7.50 pagi ke 8.45 pagi.
 
Para peneliti mengatakan siswa sekolah menengah yang pelajaran pertamanya dimundurkan mendapat rata-rata 30 menit tidur lebih banyak setiap hari. Ini juga menyebabkan peningkatan dalam hasil ujian, kehadiran dan ketepatan waktu, terutama di kalangan remaja dari latar belakang berpenghasilan rendah.
 
Para ilmuwan di University of Washington di Seattle mengatakan waktu mulai sekolah nanti dapat membantu menutup kesenjangan belajar antara anak-anak dari keluarga kurang mampu dan teman sebaya mereka yang lebih istimewa. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2018 menemukan remaja yang mulai bersekolah dengn waktu lebih mundur berkembang dengan cepat.
 
Sekolah-sekolah di Seattle telah membuat langkah baru dengan memulai kelas pada 8:45 berlawanan dengan 7:50 pada tahun 2016. Efektivitas pergeseran ini kemudian dinilai oleh para peneliti di University of Washington. Peneliti menilai aktivitas dan hasil siswa kelas sepuluh di kelas biologi pada tahun 2016, sebelum beralih jam masuk sekolah dan setelah beralih.

Kedua set siswa pergi tidur di sekitar waktu yang sama, tetapi mereka yang memulai sekolah lebih siang mampu tidur lebih lama setengah jam perharinya. Ini sesuai dengan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi dan rata-rata nilai lima persen lebih tinggi.
 

Tidak ada komentar